Senin, 17 Mei 2010

2. CIRI-CIRI DISKALKULIA



  1. Tingkat perkembangan bahasa dan kemampuan lainnya normal, malah sering kali mempunyai memori visual yang baik dalam merekam kata-kata tertulis.
  2. Sulit melakukan hitungan matematis. Dalam contoh kasus sehari-hari, misal, sulit menghitung transaksi belanja, menghitung kembalian uang. Sering kali anak jadi takut memegang uang atau menghindar untuk melakukan transaksi, atau apa pun kegiatan yang harus melibatkan uang.
  3. Sulit melakukan proses-proses matematis, seperti menjumlahkan, mengurangi, membagi, mengalikan, dan konsep hitungan angka atau urutan.
  4. Terkadang mengalami disorientasi. Disorientasi waktu, misal, bingung mengatakan jam berapa sekarang ini. Disorientasi tempat, contoh, tak bisa membaca dan memahami peta atau petunjuk arah.
  5. Mengalami hambatan dalam menggunakan konsep abstrak tentang waktu. Umpama, bingung dalam mengurut kejadian masa lalu atau masa mendatang.
  6. Sering melakukan kesalahan ketika melakukan perhitungan angka-angka. Seperti proses substitusi, mengulang terbalik, serta proses-proses hitungan seperti deret hitung dan deret ukur.
  7. Mengalami hambatan dalam mempelajari musik, terutama karena sulit mengikuti konsep not, urutan nada, dan sebagainya.
  8. Bisa juga mengalami kesulitan dalam aktivitas olahraga, karena bingung mengikuti aturan main yang berhubungan dengan skor dan nilai.

Sumber:  http://www.tabloid-nakita.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar