Senin, 12 Oktober 2009

Psikoanalisa,Behaviorisme, dan Humanistik

PERBEDAAN ANTARA PSIKOANALISA, BEHAVIORISME, DAN HUMANISTIK


  1. PSIKOANALISA

Tokoh dari Psikoanalisa adalah Sigmund Freud (1856-1939). Menurut Freud pikiran-pikiran yang ditekan, merupakan sumber perilaku yang tidak normal atau menyimpang. psikoanalisa telah memberi kepada kita hanya sisi yang sakit atau pincang dari kodrat manusia karena hanya berpusat pada tingkah laku yang neurotis dan psikotis. Freud dan orang-orang yang mengikuti ajaran-ajarannya mempelajari kepribadian yang terganggu secara emosional.

  1. BEHAVIORISME

Tokoh dari Behaviorisme adalah Ivan .P. Pavlov, Thorndike,Skinner, dan B.Watson. Behaviorisme menekankan pada respon-respon yang dikondisikan sebagai perilaku, memandang individu sebagai makhluk aktif yang memberi respon terhadap lingkungan. Pengalaman dan pemeliharaan akan membentuk perilaku mereka. Behaviorisme merupakan salah satu aliran Psikologi yang menyakini bahwa untuk mengkaji perilaku individu harus dilakukan terhadap setiap aktivitas individu yang dapat diamati. Dalam aliran ini manusia digambarkan sebagai mesin, manusia sudah diatur sebagai sistem kompleks yang bertingkah laku menurut cara yang sudah disesuaikan atau sesuai hukum.

  1. HUMANISTIK

Tokoh dari Humanistik adalah A. Maslow, Roger, Jung. Menurut psikologi Humanistik manusia adalah makhluk kreatif, yang dikendalikan oleh nilai-nilai dan pilihan-pilihannya sendiri bukan oleh kekuatan-kekuatan ketidaksadaran. Aliran ini memberikan dorongan kepada seseorang yang memiliki kemauan untuk menjadi lebih baik, dan memiliki pandangan yang optimistik dan berharap menjadi lebih baik. Maslow menguraikan manusia memiliki 5 macam kebutuhan :

a) fisiologis

b) rasa aman

c) rasa cinta dan memiliki

d) penghargaan atau pengakuan

e) aktualisasi diri



Referensi:


  • Atkinson, R.L., Atkinson, R.C., dan Hilgard, E.R. 1994. Pengantar Psikologi Jilid 2. Edisi Ke- 8. Editor: Agus Dharma. Jakarta: Erlangga.
  • Schultz, D. 1991. Psikologi Pertumbuhan: Model-Model Kepribadian Sehat. Oleh: Drs. Yustinus MSc. OFM. Yogyakarta: Kanisius.
  • Dwi, R.B.P., Prabowo, H., Puspitawati, I. 1996. Psikologi Umum I. Edisi Pertama. Editor: Hendro Prabowo. Jakarta: Gunadarma.
  • Apadefinisinya.blogspot.com. 18 Mei 2008.
  • Sudrajat, A. Fakjmidrajat.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar