Jumat, 08 Oktober 2010

Pramuka SMPN 7 Bekasi


Pada dasarnya manusia hidup saling ketergantungan. Mereka selalu saling menguntungkan, sama halnya dengan berorganisasi karena dalam berorganisasi kita selalu berinteraksi dengan banyak orang dan bisa belajar dari orang lain. Menurut McDavid & Harari (1968) Psikologi Sosial adalah studi ilmiah tentang pengalaman dan perilaku individual yang berkaitan dengan individu lain, kelompok, dan kebudayaan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengaruh perilaku indivudu dapat berstimulus dari interaksi sosial.

Banyak keuntungan jika seseorang sering mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat atau pun kegiatan yang berbau sosial. Interaksi sosial banyak di jumpai pada kumpulan kelompok, seperti ibu-ibu arisan, ekstra kulikuler disekolah, pengajian (rohis), dan masih banyak lagi. Kegiatan berkelompok jika di mulai pada masa kanak- kanak dapat membantu individu dalam mengembangkan diri.

Contoh atau tema yang saya bahas adalah interaksi kelompok pada Anak Pramuka, yang kebetulan saya juga terjun ke dalamnya. Saya mengikuti ekstra kulikuler pramuka saat saya duduk di bangku SMP (SMPN 7 Bekasi). Banyak hal yang saya dapat setelah bertemu dengan bermacam-macam orang di sana, bukan hanya itu dari ekstra kulikuler ini pun saya mendapatkan kesempatan untuk menjadi anggota osis, mewakili sekolah untuk lomba (bersama teman regu), dan masih banyak lagi kesempatan dan ilmu yang di dapat.

Mungkin di atas adalah sepenggalan cerita atau pengalaman yang saya dapat dengan mengikuti kegiatan di suatu kelompok. Dan dalam tulisan kali ini saya akan menceritakan kebersamaan dan banyak hal tentang perkumpulan kami yang kami beri nama RAKARAFATI.

SEJARAH
Awal terbentuk suatu ekstra kulikuler biasanya berada di sekolah-sekolah yang digunakan untuk mengisi waktu para siswa/i untuk berkreasi. Namun, bukan hanya itu para siswa/i sering kali mencari ekstra kulikuler (ekskul) yang menjadi favorit di sekolahnya. Demikian juga dengan kami, banyak di antara kami memilih ekskul pramuka karna menjadi unggulan dan pusat perhatian orang banyak. Seperti pengalaman saya, saat pertama kali melilhat atraksi MOS (Masa Orientasi Siswa) ekskul pramuka saya amat terpukau, begitu mendengar macam-macam penghargaan yang di raihnya membuat saya semakin ingin mengikutinya.

Banyak cerita membanggakan yang di dengar dari ekskul pramuka, namun lebih sering kami mendapatkan cerita dari angkatan 4. Kami sebagai anggota, tidak dapat cerita atau keterangan secara rinci tentang terbentuknya perkumpulan kami jadi kami hanya mendapatkan sumber dari berbagai angkatan. Dalam pramuka kami menyebut perangkatan dan ada regu masing-masing. Seperti saya Regu Cempaka # 13 (lambang # adalah simbol dari angkatan), dan regu unggulan atau reguinti kami adalah Rajawali (regu laki-laki) dan Cempaka (regu perempuan). Sedangkan regu Falcon adalah junior dari Rajawali dan Mawar junior dari Cempaka, dan pada akhirnya kami juga memiliki kumpulan untuk para alumni yang bernama RAKARAFATI kepanjangan dari RAJAWALI CEMPAKA dan RADEN FATHA CUT MUTIA.

Pramuka SMPN 07 Bekasi memiliki sekertariat sendiri. Disanalah para anggota dan alumni berkumpul, bahkan memiliki jadwal tersendiri untuk membersihkan sekertariat yang dianggap berguna melatih tanggung jawab dan uang kas per-regu untuk memenuhi kebutuhan regu individu. Kebutuhan yang biasanya memerlukan uang kas seperti membeli bendera regu dari pinru (pemimpin regu) sampai anggotanya 9 orang, tongkat pramuka yang setiap regu memiliki corak tersendiri dan makna tersendiri, sabuk tongkat untuk menemudahkan membawa tongkat, perlengkapan lomba seperti alat P3k (bidai, mitela, obat-obatan), tambang pramuka, dan masih banyak lagi. Bahkan kami selalu berkumpul bersama untuk menunjukkan atraksi atau kreasi regu inti kami sewaktu intirahat atau sepulang sekolah. Saat seseorang yang terpilih sebagai regu inti pasti mereka merasakan sesuatu atau energi yang lebih, karena saat mereka menunjukan kreasi di tengah lapangan mereka serasa bintang sekolah yang selalu di pandang setiap mata, bahkan sering kali para siswa/i menanti-nanti kami untuk berlatih.

Dari sana lah pramuka SMPN 07 Bekasi mulai di segani oleh sekolah-sekolah lain. Mungkin banyak yang tertarik tau berminat bahkan pada zamannya mereka berlomba-lomba untuk masuk regu inti terfavotit.

PENGHARGAAN
Jika di sebutkan penghargaan dari angkatan 1 sampai angkatan 19 mungkin tidak dapat di ingat. Namun ada beberapa penghargaan yang sangat berkesan dan penuh kenangan. Seperti saat lomba di SMPN 12 Bekasi (tahun tak ingat) kami mendapatkan TOP 1 (juara umum), Juara SE-JAWA BARAT (kami sering membanggakan PENGUASA JAWA BARAT, lupa tahun), dan masih banyak lagi juara-juara 1 sampau juara umum lainnya. Bukan hanya dalam segi penghargaan sebagian atau hampir seluruh anak pramuka mendapatkan penghargaan dari sekolah untuk menjadi perwakilan anggota osis dan kami kaya akan berbagai pengalaman yang tak terlupakan. Keuntungan dari organisasi akan terasa saat kita dewasa.

Bahkan banyak diantara mereka yang lulus dari SMPN 07 Bekasi sebagai anggota pramuka sering kali di libatkan dalam organisasi di SMA mereka. Mereka dianggap berpengalaman dan mampu membantu SMAnya untuk lebih maju dalam bidang ekstra kulikuler. Ada juga para alumni yang meneruskan kemampuannya menjadi pembina pramuka atau pelatih di SD, dan ada juga mereka bisa keluar negeri berkat pengalamannya.

Demikian lah kehidupan atau serba-serbi dalam suatu kelompok. Lebih baik mencoba dari pada tidak sama sekali.

3 komentar:

  1. aku endah restika dari cempaka 04 #19 terpukau banget baca tulisan kak niken :D

    BalasHapus
  2. Salam Pramuka.
    Saya Anggun Rahmadani dari Cempaka#25. Saya C_07#25 saya merasa bangga bisa tau kisah RAKARAPATI. Tapi kak, maaf itu ralat seharusnya RAKARAPATI (Rajawali Cempaka Raden Patah Cut Meutia). Terimakasih. Salam. :)

    BalasHapus
  3. apa kelebihan dan kekurangan di SMPN 7 BEKASI, boleh di sharing kan. tks

    BalasHapus